Codingin

Membahas segala macam yang berkaitan dengan software atau perangkat lunak

ada berapa mitos software ?


ada berapa mitos software


Ada beberapa mitos software, apa aja sih? yuk simak


yang pertama ada mitos mitos yang behubungan dengan manajemen dalam proyek rekayasa perangkat lunak. Biasanya muncul pada manajer yang bertanggung jawab terhadap perangkat lunak. Mereka biasanya ditekan untuk menjaga budget, jadwal harus selalu terpenuhi dan harus meningkatkan kualitas. beberapa mitos tersebut antara lain : ada berapa mitos software
  
Mitos : Kita sudah punya buku yang berisi standard dan prosedur yang banyak untuk pengembangan perangkat lunak. Bukankah hal ini sudah cukup untuk mencari semua yang ingin diketahui ?
Kenyataan : Buku-buku itu memang lengkap, tapi apakah digunakan ? Apakah praktisi perangkat lunak sadar dengan keberadaannya? Apakah cocok dengan pengembangan yang modern? Apakah benar-benar lengkap ? Pada banyak kasus jawabannya adalah tidak.

Mitos : Staff Kami mempunyai alat Bantu pengembangan yang canggih, bahkan dibelikan komputer generasi terbaru.  
Kenyataan : Masalah pengembangan perangkat lunak yang berkualitas lebih penting dari sekedar komputer yang terbaru. CASE (Computer Aided Software Engineering) tools lebih penting daripada perangkat keras untuk mendapatkan kualitas dan produktifitas yang baik, tapi banyak pengembang perangkat lunak yang tidak menyadarinya.
  
Mitos : Jika Kita dikejar jadwal, tambah programmer untuk mengejarnya  
Kenyataan : Membuat perangkat lunak  bukan proses mekanis seperti industri manufaktur. Jika kita menambah orang pada proyek yang terlambat itu justru akan lebih terlambat

ada berapa mitos software
Berkaitan dengan Klien
Konsumen sering mempercayai mitos karena pembuat perangkat lunak kurang berusaha untuk membetulkan misinformasi ini.
  
Mitos : Sebuah kalimat umum yang menyatakan objektif sudah cukup untuk memulai menulis program. Kita bias perinci lagi nanti.  
Kenyataan : Definisi yang tidak jelas, justru akan menggagalkan usaha pengembangan perangkat lunak. Justru diperlukan deskripsi formal dan detil dari domain informasi, fungsi, performansi, antarmuka, batasan desain, dan kriteria validasi. Karakteristik ini hanya bias didapat melalui komunikasi total antara pelanggan dan pengembang.
  
Mitos : Kebutuhan proyek akan terus berubah, tapi perubahan ini akan dapat ditanggapi dengan mudah karena perangkat lunak itu bersifat fleksibel  
Kenyataan : memang betul kebutuhan perangkat lunak akan berubah, namun dampaknya tergantung pada waktu pemunculannya. Jika muncul pada tahap definisi, pengaruhnya tidak banyak, lebih kebelakang dampaknya akan lebih besar.

Berkaitan dengan Pengembang  
Mitos : Setelah program selesai ditulis dan dapat dijalankan, maka tugas sudah selesai.  
Kenyataan : Ada yang mengatakan bahwa “Lebih cepat program dibuat, maka lebih lama selesainya”. Dari data industri 50-70% dari usaha pada pembuatan program akan bertambah lagi setelah program dilihat untuk pertama kalinya oleh pelanggan.
  
Mitos : Selama program belum berjalan, sulit untuk mengetahui kualitasnya  
Kenyataan : Software review adalah cara efektif untuk mencari Software defect daripada tahap pengujian
  ada berapa mitos software
Mitos : Faktor penentu suksesnya proyek  adalah program yang dapat berjalan  
Kenyataan : Program hanyalah salah satu komponen dari perangkat lunak. Dokumentasi penting sebagai dasar pengembangan yang sukses serta sebagai penunjuk untuk pemeliharaan perangkat lunak

Itulah tadi bebrapa ulasan mitos yang ada di pengembangan perangkat lunak, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diktat kuliah RPL

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi dan materi kuliah rekayasa perangkat lunak, dukung terus blog ini untuk selalu berbagi