Codingin

Membahas segala macam yang berkaitan dengan software atau perangkat lunak

Pentingnya tahap pengujian software


hai teman codinger, hari ini saya akan membahas mengenai pengujian software. pengujian software akan dibahas secara tuntas disini

Pengujian perangkat lunak merupakan suatu tahapan penting dalam pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan dengan cara mengevaluasi konfigurasi perangkat lunak yang terdiri dari spesifikasi kebutuhan, deskripsi perancangan, dan program  yang dihasilkan. Hasil evaluasi kemudian dibandingkan dengan hasil uji yang diharapkan. Jika ditemukan kesalahan, maka perbaikan perangkat lunak harus dilakukan untuk kemudian diuji kembali.


apa sih pengujian perangkat lunak itu?

Pengujian  perangkat lunak adalah proses menjalankan dan mengevaluasi sebuah perangkat lunak secara manual maupun otomatis untuk menguji apakah perangkat lunak sudah memenuhi  persyaratan atau belum, atau untuk menentukan perbedaan  antara hasil yang diharapkan dengan hasil sebenarnya. Peksanaan pengujian perangkat lunak biasanya disesuaikan  dengan metodologi   pembangunan perangkat lunak yang digunakan.

Pada umumnya, pengujian dilakukan sesudah tahap pemrograman. Namun demikian perencanaan pengujian dilakukan mulai tahap-tahap analisis. Untuk pendekatan waterfall model, tahap-tahap pengujian meliputi pengujian tahap analisis, perancangan, implementasi, instalasi dan pemeliharaan. Beberapa prinsip pengujian yang harus diperhatikan.


    Dapat dilacak hingga ke persyaratan atau dokumen SRS
    Pengujian harsu direncanakan sebelum pelaksanaan pengujian
    Pengujian harus dimulai dari hasl yang kecil, diteruskan ke hal-hal yang besar. 4. Pengujian yang berlebihan tidak akan mungkin dapat dilaksanakan
    Pengujian sebaiknya dilakukan oleh pihak ketiga.

Tujauan pengujian perangkat lunak itu apa?

Tujuan  yang diinginkan dari pelaksanaan pengujian perangkat lunak adalah :


    Menilai apakah perangkat lunak yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan pemakai.
    Menilai apakah tahap pengembangan perangkat lunak telah sesuai  dengan metodologi yang digunakan.
    Membuat dokumentasi hasil pengujian yang menginformasikan kesesuaian perangkat lunak yang diuji dengan spesifikasi  yang telah ditentukan.


Untuk melihat hasil pengujian yang telah dilakukan, dibuat suatu tabel yang berisi kriteria pengujian dan penelitian yang diberikan  terhadap kriteria pengujian tersebut.


Tahapan pengujian :


Untuk setiap tahap pengembangan, pelaksanaan pengujian perangkat lunak secara umum mengikuti tahap-tahap sebagai berikut :


    Tentukan apa yang akan diukur melalui pengujian
    Bagaimana pengujian akan dilaksanakan
    Membangun suatu kasus uji (test case), yaitu sekumpulan data atau situasi  yang akan digunakan dalam pengujian.
    Tentukan hasil yang diharapkan atau hasil sebenarnya
    Jalankan kasus pengujian
    bandingkan hasil pengujian dan hasil yang diharapkan.

Pengujian Tahap Analisis


Pengujian pada tahap analisis ditekankan pada validasi terhadap kebutuhan, untuk menjamin bahwa kebutuhan telah dispesifikasikan  dengan benar. Tujuan pengujian pada tahap ini adalah untuk mendapatkan kebutuhan yang layak dan untuk memastikan apakah kebutuhan tersebut sudah dirumuskan dengan baik. Faktor-faktor pengujian yang dilakukan pada tahap analisis ini meliputi :

1.     Kebutuhan yang berkaitan dengan metodelogi

2.     Pendefinisian spesifikasi fungsional

3.     Penentuan spesifikasi kegunaan

4.     Penentuan kebutuhan portabilitas

5.     Pendefinisian antar muka sistem.




Pengujian  Tahap Perancangan  
Pengujian tahap perancangan bertujuan untuk menguji struktur perangkat lunak yang diturunkan dari kebutuhan. Kebutuhan yang bersifat umum dirinci  menjadi bentuk yang lebih spesifik .

Faktor-faktor pengujian yang dilakukan pada tahap perancangan meliputi :

1.     Perancangan yang berkaitan dengan kebutuhan
2.     Kesesuaian perancangan dengan metodologi dan teori.
3.     Portabilitas rancangan
4.     Perancangan yang dirawat
5.     Kebenaran rancangan berkaitan dengan fungsi dan aliran data.
6.     Kelengkapan perancangan antar muka.

Pengujian Tahap Pengujian

Tujuan pengujian  pada tahap ini  adalah untuk menilai apakah spesifikasi program telah ditulis menjadi instruksi-instruksi yang dapat dijalankan pada mesin. Selain itu, juga untuk menilai apakah instruksi yang ditulis tersebut telah sesuai dengan spesifikasi program. Faktorfaktor  pengujian yang dilakukan pada tahap ini meliputi :

1.     Pengujian fungsional

2.     Dukungan manual

3.     Kemudahan operasi.


Pengujian dengan Kasus Uji

Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian unit (berupa prosedur atau fungsi) dan pengujian  sistem. Dalam pengujian unit, unit-unit yang diuji meliputi  unit-unit yang ada dalam sistem. Sedangkan pengujian sistem dilakukan terhadap sistem secara keseluruhan. Setiap pengujian dilakukan dengan menggunakan berbagai data masukan, baik data yang valid maupun tidak.



Teknik Pengujian

Ada dua teknik pengujian yang dapat digunakan untuk menguji perangkat lunak, yaitu teknik black box dan white box testing.

Pengujian Black Box

Pengujian black box digunakan untuk menguji fungsi-fungsi khusus dari perangkat lunak yang dirancang. Pada teknik ini, kebenaran perangkat lunak yang diuji hanya dilihat berdasarkan keluaran yang dihasilkan dari data atau kondisi masukan yang diberikan untuk fungsi yang ada tanpa melihat bagaimana proses untuk mendapatkan keluaran tersebut. Dari keluaran yang dihasilkan, kemampuan program dalam memenuhi kebutuhan pemakai dapat diukur sekaligus dapat diiketahui kesalahan-kesalahannya. Beberapa jenis kesalahan yang dapat diidentifikasi :

•       Fungsi tidak benar atau hilang

•       Kesalahan antar muka

•       Kesalahan pada struktur data (pengaksesan basis data)  Kesalahan inisialisasi dan akhir program

•       Kesalahan performasi.

Walaupun sulit untuk menelusuri  kesalahan yang mungkin didapat, teknik pengujian black box lebih sering dipilih untuk menguji perangkat lunak karena kemudahan dalam pelaksanaannya.


Pengujian White Box

Berbeda dengan teknik black box  teknik ini digunakan untuk mengetahui cara kerja suatu perangkat lunak secara internal.  Pengujian dilakukan untuk menjamin operasi-operasi internal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan struktur kendali dari prosedur yang dirancang. Pelaksanaan pengujian white box :
  • Menjamim seluruh independent path dieksekusi paling sedikit satu kali. Independent path adalah jalur dalam program yang menunjukkan paling sedikit satu kumpulan proses ataupun kondisi baru.
  • Menjalani logical decision pada sisi dan false
  • Mengeksekusi pengulangan (looping) dalam batas-batas yang ditentukan
  • Menguji struktur data internal.

Strategi  Pengujian

Digunakan untuk mengintegrasikan metode-metode perancangan kasus pengujian perangkat lunak menjadi suatu langkah-langkah terencana dengan tujuan mendapatkan  perangkat lunak yang sukses. Setiap strategi pengujian perangkat lunak harus meliputi perencanaan pengujian, perancangan kasus-kasus uji, eksekusi pengujian, pengumpulan data, serta evaluasi.

1.     Pengujian unit  program

      Pengujian difokuskan pada unit terkecil dari suatu modul program. Dilaksanakan dengan menggunakan driver dan stub. Driver adalah suatu program utama  yang berfungsi mengirim  atau menerima data  kasus uji dan mencetak hasil dari modul yang diuji. Stub adalah modul yang menggantikan  modul sub-ordinat dari modul yang diuji.

2.     Pengujian integrasi

      Pengujian terhadap unit-unit program  yang saling berhubungan (terintegrasi) dengan fokus  pada masalah interfacing. Dapat dilaksanakan secara top-down integration atau bottom-up integration.

3.     Pengujian validasi

      Pengujian ini dimulai jika pada tahap integrasi tidak ditemukan kesalahan. Suatu validasi dikatakan sukses  jika perangkat lunak berfungsi pada suatu cara yang diharapkan oleh pemakai.

4.     Pengujian sistem
      Pengujian yang dilakukan sepenuhnya pada sistem berbasis komputer.

•       Recovery testing
       Pengujian dilakukan dimana sistem diusahakan untuk gagal, kemudian diuji         normalisasinya.

•       Security testing
             Dilakukan untuk menguji mekanisme proteksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diktat kuliah RPL

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi dan materi kuliah rekayasa perangkat lunak, dukung terus blog ini untuk selalu berbagi